Pengenalan Interaksi Manusia dan Komputer
Standard
Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang
mempelajari tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem
komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena –
fenomena besar yang terkait dengannya. Fokus IMK adalah perancangan dan
evaluasi antarmuka pemakai (user interface). User interface adalah
bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan
komputer.
Desain pada imk :
Desain grafis dalam pandangan Ilmu Komunikasi adalah metode
menyampaikan pesan visual berwujud teks dan gambar dari komunikator
kepada komunikan. Dalam mendesain surat kabar misalnya, desainer grafis
memerlukan pengetahuan tentang kebisaaan sang pembaca media agar dengan
mudah mendesain tata letak dan visual yang cocok. Ini dengan motif agar
pesan yang hendak disampaikan oleh media tersebut diterima dan sampai
pada pembaca.Prinsip – Prinsip Desain :
Prinsip-prinsip desain membantu menentukan bagaimana menggunakan
elemen desain. Ada empat prinsip desain: keseimbangan, penekanan, irama,
dan kesatuan. Prinsip-prinsip desain membantu anda untuk menggabungkan
berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.Keseimbangan
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan oleh ukurannya, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing.Irama
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan oleh ukurannya, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing.Irama
Rhythm / Irama adalah pola berulang yang dibuat oleh unsur – unsur
yang berbeda – beda. Pengulangan (mengulangi unsur serupa dalam cara
yang konsisten) dan variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau
elemen)adalah kunci untuk visual ritme. Menempatkan elemen dalam sebuah
layout secara berkala membuat halus, dan bahkan ritme yang tenang,
santai moods.Sudden perubahan pada ukuran dan jarak antara unsur membuat
cepat, ritme sebuah kehidupan dan suasana dalam hati yang sangat
menyenangkan.Penekanan
- Penekanan yang berdiri atau mendapat perhatian pertama.
- Tata letak setiap kebutuhan yang penting untuk menarik
para pembaca mata ke bagian penting dari tata letak.
- Terlalu banyak fokus poin kekalahan tujuan.
- Umumnya, yang penting dibuat ketika salah satu unsur yang berbeda dari yang lainnya.
Kesatuan
Kesatuan membantu semua elemen seperti milik mereka bersama.
Pembaca harus visual clues untuk memberitahu mereka tahu potong
merupakan salah satu unit – teks, headline, foto, gambar, dan keterangan
semua pergi secara bersama – sama dengan yang lain.
Menyatukan elemen elemen oleh kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti milik mereka bersama. Ulangi warna, bentuk, dan tekstur. Gunakan kotak (dengan struktur yang halaman) untuk membuat kerangka untuk margin, kolom, jarak, dan proporsi.Teknik dialog pengisian borang (form-filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisia borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan. Perlman membuat perbedaan antara menu dan borang. Menurut Perlman menu adalah dialog yang menampilkan sejumlah alternatif pilihan yang pilihan-pilihan itu dapat dipilih pengguna dengan cara tertentu pada setiap daur aktifitas. Menurut Perlman pula, borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan (requirement) yang menampilkan sejumlah opsion dan berbagai nilai para meter yang telahditentukan dan dintegrasiakn ke dalam sebuah tampilan pada layar.
Menyatukan elemen elemen oleh kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti milik mereka bersama. Ulangi warna, bentuk, dan tekstur. Gunakan kotak (dengan struktur yang halaman) untuk membuat kerangka untuk margin, kolom, jarak, dan proporsi.Teknik dialog pengisian borang (form-filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisia borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan. Perlman membuat perbedaan antara menu dan borang. Menurut Perlman menu adalah dialog yang menampilkan sejumlah alternatif pilihan yang pilihan-pilihan itu dapat dipilih pengguna dengan cara tertentu pada setiap daur aktifitas. Menurut Perlman pula, borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan (requirement) yang menampilkan sejumlah opsion dan berbagai nilai para meter yang telahditentukan dan dintegrasiakn ke dalam sebuah tampilan pada layar.
Pengetahuan yang berkorelasi dengan IMK :
1. Ilmu psikologi
=> Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, cognitive keterampilan penyelesaian masalah
=> Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, cognitive keterampilan penyelesaian masalah
2. Ergonomi
=> Kemampuan fisik pengguna
=> Kemampuan fisik pengguna
3. sosiologi
=> Konteks dari interaksi
=> Konteks dari interaksi
4. Ilmu dan rekayasa/teknik komputer
=> Mampu untuk membangun teknologi
bisnis
=> Mampu untuk memasarkannya
desain Grapik
=> persentasi antar muka yang efektif
Penulisan ilmiah
=> menghasilkan (buku) manual
=> Mampu untuk membangun teknologi
bisnis
=> Mampu untuk memasarkannya
desain Grapik
=> persentasi antar muka yang efektif
Penulisan ilmiah
=> menghasilkan (buku) manual
B. SIAPA YANG TERLIBAT DALAM IMK
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang
ilmu. Desainer system interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di
berbagai bidang seperti :
- Psikologi ilmu kognitif yang memberikan dan pengehtahuan mengenai presepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
- Ergonomi yang memberikan dasar pengehtahuan mengenai kemampuan/ karakteristik fisik user.
- Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
- Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi yang di butuhkan.
- Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
- Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
- Technical writing agar mampu membuat manual.
C. KONSEP DASAR IMK
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
- Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
- Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
- Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
- Bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
- Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
- Metode implementasi antarmuka.
- Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
- Pengembangan antarmuka baru.
- Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
0 komentar:
Posting Komentar